MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

ARTIKEL GUNUNG

Tips mendaki gunung sambil berpuasa

Mungkin kedengarannya aneh jika seorang pendaki gunung tetap melakukan kegiatan pendakian di bulan puasa ini tanpa meninggalkan ibadah puasa. Mungkinkah seorang pendaki sanggup melakukan pendakian sambil berpuasa. Godaan tentu sangat besar, dan diperlukan trik-trik khusus ketika melakukan pendakian gunung sambuil berpuasa.

Ternyata para pejiarah sanggup melakukannya. Kita sering berjumpa dengan para pejiarah yang mendaki gunung-gunung angker sambil berpuasa dan mereka baru makan setelah sampai di puncak gunung. Niat dan kemauan yang kuat dari para pejiarah ini perlu dicontoh oleh para pendaki gunung.

Bahkan jaman dahulu para pertapa digunung berpuasa selama berhari-hari tidak makan dan minum. Sungguh luar biasa ketahanan fisik dan mentalnya.

baca selengkapnya...


Manfaat Mendaki Gunung

Mendaki Gunung adalah salah satu hobby yang cukup populer saat ini. Kegiatan Mendaki Gunung bisa digolongkan menjadi sebuah olahraga yang ektrim atau olah raga berat. Namun karena ada unsur rekreasi maka menjadi menyenangkan, ada berkemah, masak memasak, permainan, wisata air terjun, fotografi. Sehingga banyak hobby yang bercampur dalam kegiatan Mendaki Gunung.

baca selengkapnya...


Tetap Cantik di Gunung

Saat ini hobby mendaki gunung sudah umum dilakukan oleh pria dan wanita. Jaman dahulu hanya kaum pria yang melakukan hobby ini. Para pendaki gunung pun menjadi semakin modis baik pria maupun wanita. Para pendaki dengan busana yang menawan bergaya di depan kamera, meskipun berada di puncak gunung.

baca selengkapnya...


Air di Gunung

Pendaki Gunung senang sekali ketika bertemu dengan sumber air di Gunung, seperti air terjun di Gunung Merbabu.

baca selengkapnya...


Warga Temukan Candi Baru di Merbabu

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebuah benda cagar budaya kembali ditemukan oleh warga lereng Gunung Merbabu tepatnya di Dusun Wonokoso, Desa Petung, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Benda cagar budaya jenis Batu Yoni tersebut ditemukan oleh Ngadiyono (32) bersama sejumlah warga setempat yang tengah menggali tanah untuk aliran sumber mata air belum lama ini. 
 
Diceritakan Ngadiyono, saat itu batu yang diperkirakan berusia ratusan tahun itu dikira hanya batu biasa. Lalu warga menggali lagi beberapa meter ternyata bentuknya mirip batu candi. "Kami menemukan sudah beberapa hari yang lalu, tapi baru kami laporkan ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang pada 6 April 2013," tuturnya, Rabu (10/4/2013). 
baca selengkapnya...


 

DAFTAR GUNUNG

 

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU