MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI
 

Photo by AriesnawatiPendakian Gunung Pulosari dimulai dari Desa Cilentung yang berada di ketingian kurang lebih 150 mdpl. Dari samping warung terdapat papan penunjuk arah yang cukup jelas.

Jalur awal pendakian cukup landai dengan melintasi kebun dan ladang penduduk. Kemudian akan ketemu dengan pondok yang disebelah kirinya terdapat parit. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam sampailah kita di curug putri.

Photo by AriesnawatiDi Curug Putri terdapat sebuah pondok, sedangkan jalur menuju ke puncak gunung berada di depan pondok dengan menyeberangi parit. Jalur menuju puncak cukup landai kadangkala ada dijumpai tanjakan yang lumayan terjal. Di kiri kanan masih terdapat kebun dan sawah tadah hujan. Untuk mencapai kawah waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam dari Curug Putri.

Di kawah pendaki bisa membuka tenda. Dari Kawah untuk menuju puncak ambil jalur sebelah kanan kawa atau ke arah selatan. Pendaki perlu ekstra hati-hati karena kondisi medan yang terjal dan berbatu. Vegetasi di sepanjang jalur mulai lebat dipenuhi tanaman hutan tropis.

Kadangkala pendaki harus berpijak pada akar-akar dan jalur melintasi tanah yang licin. Waktu yang diperlukan hingga mencapai puncak bayangan sekitar 1,5 jam darui Kawah.

Puncak Bayangan berupa dataran terbuka yang sempit. Selanjutnya pendaki akan bertemu dengan percabangan dan batu penanda km, ambil arah ke kiri.

Photo by AriesnawatiJalur kembali terjal dengan lintasan berbatu, dan kadangkala harus melintasi akar-akar dan tanh yang licin. Vegetasi hutan tropis yang lebat kembali kita temukan di jalur ini. Setelah berjalan sekitar 20 menit maka sampailah kita di Puncak.

Puncak Gunung Pulosari berupa dataran sempit yang memanjang membujur ke arah utara-selatan, dengan ketinggian 1.045 mdpl. Di puncak pendaki dapat mendirikan tenda. Kawasan puncak ditumbuhi semak-semak dan pohon-pohon yang tidak terlalu rapat.

Di sini juda terdapat pemancar dan peralatan pemantau gempa. Air bersih dapat diperoleh di sebelah selatan puncak dengan menuruni ke arah jalur Seketi sekitar 50 meter dari puncak. Sumber air berupa cerukan berukuran 50 cm x 50 cm berada di bawah pohon yang menjadi sumber resapan airnya. Di musim kemarau kadangkala tidak akan ditemukan resapan air.

 

Dari Serang naik angkot ke jurusan Labuan turun di Mengger. Sambung angkot ke jurusan Cilentung.
  • Situs Sang Hyang Dengdek
  • Pundek Berundak Batu Goong Citaman
  • Dolmen Batu Ranjang

Gunung Pulosari adalah gunung yang keramat. Gunung ini menjadi tempat pemujaan sejak jaman dulu.

Banyak peninggalan purbakala yang berupa punden berundak, arca, batu dolmen, batu goresan. Arca Sang Hyang Dengdek setinggi sekitar 1 meter adalah arca nenek moyang di situs pemujaan di Kec. Seketi.

Situs Batu Goong Citaman berupa pundeng berundak. terdapat Menhir
yang berdiri di tengah-tengah dan dikelilingi oleh batu-batu yang berbentuk gamelan seperti gong dan batu pelinggih membentuk formasi "temu gelang".

Pada abad ke-7 atau ke-9 telah berdiri bangunan candi Hindu. Arca Hindu seperti arca Brahma, arca Siwa, arca Agastya, arca Ganesha, arca Durga, dan lapik arca dari Gn. Pulosari juga menjadi koleksi Musium Nasional.

Sunan Gunung Jati dan Hasanuddin pernah melakukan perjalanan dengan tujuan ke Gunung Pulosari yang merupakan wilayah Brahmana Kandali. Di atas gunung itu hidup delapan ratus ajar-ajar yang dipimpin Pucuk Umun. Hasanuddin diberitakan konon tinggal bersama mereka selama sepuluh tahun lebih.

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU