MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung

Posted by Admin on 2015-12-06 01:10:53 UTC

Mendaki gunung adalah olahraga yang ekstrem, tenaga kita akan terkuras sepanjang hari terus menerus selama 2-3 hari bahkan bisa lebih.

Makanan yang bergizi sangat diperlukan, begitu juga dengan kebutuhan air minum yang lebih banyak dari keperluan sehari-hari karena mengeluarkan keringat yang berlebihan. 

Namun sayangnya banyak pendaki yang berbekal apa adanya, ketika mereka melakukan pendakian, apalagi anak-anak pelajar yang belum banyak pengalaman mendaki.

baca selengkapnya...


Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga

Posted by Admin on 2015-10-02 12:07:26 UTC

Sebelum mendaki gunung Merbabu kita dapat makan di Warung Makan Nasi Gudeg yang terletak di Pasar Sapi Salatiga. Warung ini terletak di dalam pasar di dekat pintu masuk. Sarapan sejenak sebelum naik bus jurusan Salatiga Kopeng.

Bagi para pendaki sangat disayangkan bila tidak sempat mampir mencoba makan di warung yang sudah sangat terkenal di Salatiga dan sekitarnya. Warung gudeg koyor milik Ibu Hj Sukini yang terletak di sebelah Timur gunung Merbabu ini bernama Nasi Gudeg Koyor Miroso.

baca selengkapnya...


Air di Gunung

Posted by Admin on 2015-08-01 08:33:26 UTC

Pendaki Gunung senang sekali ketika bertemu dengan sumber air di Gunung, seperti air terjun di Gunung Merbabu.

baca selengkapnya...


Cara Menulis Artikel Gunung

Posted by Admin on 2014-12-15 13:30:57 UTC

Seorang Pendaki Gunung setelah mendaki biasanya ada yang membuat catatan perjalanan selanjutnya diposting di media sosial atau di webblog miliknya. Kebiasaan ini bisa berkembang menjadi sebuah hobby baru untuk menulis artikel. Apabila dikembangkan tidak tertutup kemungkinan menjadi seorang penulis yang profesional.

Diawali dengan catatan perjalanan Pendakian Gunung, sebuah kisah pengalaman nyata yang informasinya sangat bermanfaat bagi pendaki yang lain. Tentu saja penulisannya  tidak sebagus novel Harry Potter dan mungkin alur ceritanya kurang menarik, tetapi lebih berupa informasi yang aktual, seperti kondisi jalur terbaru, angkutan umum, tempat mata air dll, 

baca selengkapnya...


Toilet Alam

Posted by Admin on 2014-09-17 03:40:36 UTC

Bagaimana kita kalau mau buang air pada saat mendaki Gunung? Sebuah pertanyaan unik yang diajukan seorang pemula yang ingin belajar mendaki Gunung. Seseorang mungkin tidak terbiasa buang air di tempat terbuka, sehingga menjadi beban pikiran padahal ingin menjadi seorang Pendaki Gunung. Haruskah menahan buang air hingga sampai di Kamar Mandi? Perasaan yang timbul mungkin awalnya malu, kedua mungkin merasa tidak sehat atau bahasa kasarnya jorok, ketiga merasa belumj pernah atau tidak terbiasa, dan ada juga yang tidak mau mengotori kesucian Alam. 

Menggunakan popok atau pampers secara etika sudah biasa dilakukan di jaman modern ini. Namun bagi kebanyakan Pendaki gunung hal ini justru menjadi tidak biasa.

Secara alami sebenarnya wajar saja manusia buang air di tempat terbuka (Alam bebas). Namun secara etika bisa jadi kendala. Pendaki Gunung sebenarnya sudah terbiasa dengan persoalan ini. Namun Pendaki  pemula sering kali merasa terbebani dengan etika dan budaya, padahal Pendaki lain tidak mempermasalahkannya. Meskipun demikian ada aturan tersendiri yang harus diperhatikan seorang Pendaki ketika hendak melakukan buang air di Alam Bebas.

baca selengkapnya...


Jadwal Kereta Ekonomi

Posted by Admin on 2014-08-20 05:44:42 UTC

Kereta Ekonomi adalah transportasi favorit Pendaki gunung.

baca selengkapnya...


Daftar Toko Outdoor

Posted by Admin on 2014-08-10 10:01:46 UTC

Daftar Toko Peralatan Outdoor

baca selengkapnya...


Dr. Theophil Wurt

Posted by Admin on 2013-06-08 13:21:21 UTC

Dr. Theopil Wurt banyak melakukan pendakian gunung-gunung di Indonesia sekitar tahun 1900-an. Yang lebih istimewa lagi karena beliau mengabadikan-nya dalam bentuk foto-foto. Peralatan Fotografi pada tahun 1900-an sangat besar dan sangat tidak praktis. Perlu beberapa porter khusus untuk membantu membawa peralatan fotografi ini.

Beliau adalah salah satu tokoh yang perlu dihormati dan dikenang oleh para pendaki dan pecinta alam Indonesia, karena jerih payahnya menghasilkan dokumentasi yang sangat berharga bagi kita, yakni berupa foto-foto puncak gunung tempo doeloe.

Dr. Theophil Wurt di depan Pondok di puncak gunung Merbabu pada tahun 1910, lokasinya di puncak Syarif.



 

New Page 1

 
Alam Gaib dan Mahkluk Halus
Kepercayaan orang Jawa pada Mahkluk Halus penguasa Alam

Mengelola sampah?
Konservasi Alam
Ekologi, Populasi, Ekosistem
Munculnya Kabut
Terbentuknya Embun
Keanekaragaman Hayati
Pemanasan Global
Lingkungan Bioatik, Abiotik

Badak Jawa
Harimau Jawa
Harimau Sumatera
Macan Tutul
Primata
Lutung
Monyet Ekor Panjang
Yeti dan Bigfoot
Lintah atau Pacet
Elang Jawa
Merak
Ayam Hutan
Rusa Jawa
Kijang
Banteng

Hutan dan manfaatnya
Bunga Edelweis
Rhododendron
Tumbuhan yang dapat Menjerit?

Sejarah terbentuknya Bumi
Hutan di masa Lampau
Munculnya Binatang
Munculnya Manusia
Bagaimana gunung terbentuk?
 

Headline Artikel Bebas:

Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Cara Menulis Artikel Gunung
Toilet Alam
Jadwal Kereta Ekonomi
Daftar Toko Outdoor
Dr. Theophil Wurt
Monumen Pers Nasional Solo
Punokawan : Lelucon Gaya Pendaki
Tips mengadakan acara Pendakian Masal
Kebakaran Gunung

Kategori Artikel :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU