NATURE WATER MOUNTAIN VOLCANO CAMP HIKE COMPUTER
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI
 

Satwa ini mempunyai ciri-ciri spesifik yang menunjukkan perbedaan dengan jenis lainnya. Berukuran tubuh sedang panjang tubuh termasuk kepala 89-135 cm, panjang ekor 12-23 cm, tinggi bahu 40-65 cm dengan berat mencapai 35 kg. Mantel rambut pendek, rapat, lembut dan licin, warna bervariasi dari coklat gelap hingga coklat tetang.

Pada bagian tertentu seperti tungkai depan dan muka berwarna hitam. Kijang jantan mempunyai ranggah pendek, tidak melebihi setengah dari panjang kepala dan bercabang dua serta gigi taring yang keluar Anak-anak kijang mantel rambut kadang- kadang bertotol.

Kijang yang bergerak akan mengeluarkan suara yang berderak-derak, suara tersebut dimungkinkan keluar dari gigi taringnya. Gigi taring dimanfaatkan untuk mempertahankan diri. Jika sedang gelisah, terkejut atau memanggil kijang lainnya akan mengeluarkan suara seperti gonggongan anjing oleh karena itu satwa ini diberi nama barking deer. Jika melarikan diri kijang nampak merunduk dengan bagian tubuh belakang meninggi.

Kijang mencari pakan pada siang hari hingga malam hari, berbagai jenis pakan yaitu antara lain berbagai jenis rumput yang daunnya masih muda, daunan muda, biji- bijian dan bagian lain seperti kulit.

Hutan tropika hingga mencapai ketinggian 2000 mdpl. Di wilayah India, Indonesia ke timur sampai jawa, dijumpai di Cina sampai Taiwan.

Makanan kijang rumput yang daun nya masih muda, daunan muda, biji- bijian dan bagian lain seperti kulit.

- Ekologi Jawa dan Bali terbitan Prenhallindo.
- The Indonesian Environment Al manac terbitan PT. Multi Kirana Pra tama.
- Panduan Satwa KRKB Gembira loka.
- Mari Mengenal Taman Nasional di Jawa Timur terbitan Galeri Wacana.

New Page 1
 
 
 
 
Lazada Indonesia

 
Toko Buku Online
 
 Secret Lighting
 
 Rekam Jejak Pendakian ke-44 Gunung di Nusantara
 
New Page 1

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU