MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI
 

Cervus timorensis Rusa ini berukuran sedang yaitu panjang tubuh 98 sampai 111 cm dengan berat badan 45 sampai 50 kg, yang jantan mempunyai ranggah bercabang tiga.

Satwa ini tubuhnya tertutup mantel rambut berwarna coklat kemerahan, dibagian tertentu seperti leher, kaki bawah dan pantat berwama agak cerah. Telinga sepasang berukuran besar menghadap ke depan. ekor pendek, jika diperhatikan dengan cermat dibagian leher bawah setiap individu ; rusa mempunyai guratan pada rambut yang berbeda satu sama lainnya. Rambut-rambut ini tidak pernah mulus, bahkan sering nampak belang- belang.

Rusa jawa menyukai hidup berkelompok, di dalam kelompok Ini terdapat beberapa rusa jantan, rusa betina dan anak-anak. Kelompok rusa dipimpin oleh rusa betina yang paling tua, yang berperan memberikan informasi kepada kelompoknya seperti jika ada bahaya, supaya dapat menghindar. Jika dalam keadaan terpaksa karena ancaman maka rusa jantan yang paling kuat yang akan menghadapinya.

Perkawinan dilakukan oleh rusa jantan, dominan terhadap betina-betina anggota kelompoknya. Musim kawin pada bulan Juni sampai Juli, lama bunting 8 bulan, anak yang dilahirkan biasanya 1 ekor dan diasuh induknya hanya beberapa bulan.

Hutan tropika, savana di wilayah Jawa. diinduksikan ke Australia, Selandia Baru, Fiji dan Papua Nugini.

rusa ini memakan berbagai bagian tanaman seperti daun, bunga, biji dan jenis-jenis tanaman tertentu.

- Ekologi Jawa dan Bali terbitan Prenhallindo.
- The Indonesian Environment Al manac terbitan PT. Multi Kirana Pra tama.
- Panduan Satwa KRKB Gembira loka.

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU