MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Tetap Cantik di Gunung

Posted by Admin on 2016-01-10 20:02:15 UTC

Saat ini hobby mendaki gunung sudah umum dilakukan oleh pria dan wanita. Jaman dahulu hanya kaum pria yang melakukan hobby ini. Para pendaki gunung pun menjadi semakin modis baik pria maupun wanita. Para pendaki dengan busana yang menawan bergaya di depan kamera, meskipun berada di puncak gunung.

Beberapa Tips merawat tubuh dan tampil menawan ketika berada di gunung, Tips ini juga bisa berlaku untuk pria dan wanita:

1. Berhubung di gunung air adalah barang yang langka, maka Pendaki Gunung hampir tidak mandi dan cuci muka selama beberapa hari. Untuk itu bawalah tissue kering dan tissue basah untuk membersihkan tubuh, tangan dan wajah yang kotor. Deodorant yang baunya tidak terlalu wangi bisa digunakan.

2. Untuk membersihkan mulut gunakan obat kumur, jangan makan makanan yang mudah lengket di gigi, serta tidak makan makanan yang meninggalkan bau mulut. Buah Apel selain bermanfaat bagi kesehatan juga sangat baik untuk membantu membersihkan gigi.

3. Meskipun udara terasa dingin, kulit bisa terbakar karena terkena sinar Ultra Violet, untuk itu gunakan Sunblock dengan SPF 30 atau lebih. Untuk melindungi kulit tubuh agar tidak kering dan kusam. 

4. Gunakan Lip Balm Secara Berkala. Pilihlah lipbalm yang mengandung pelembab serta tabir surya, cara ini untuk menghindari terjadinya bibir kering dan pecah-pecah. Lip Balm juga bisa digunakan untuk menutup pendarahan ringan seperti kulit yang tergores duri. Jika tidak memiliki sunblock, gunakan lipbalm pada hidung dan wajah agar tidak pecah dan mengelupas. Kaki yang lecet karena sepatu juga bisa diolesi lipbalm.

5. Kain penutup kepala/bandana/topi sangat bermanfaat untuk melindungi rambut dan kulit kepala. Gunakan bahan yang mudah menghisap keringat disiang hari, jangan terlalu tebal karena panas dan tidak nyaman, tetapi juga jangan terlalu tipis karena panas matahari bisa menembus bahan kain. Gunakan Kupluk dengan bahan yang tebal di malam hari untuk melindungi kepala dan rambut dari udara dingin.

6. Gunakan kacamata gelap untuk melindungi mata dari sinar matahari. Pilihlah sunglasses yang mengandung UV filter. Kacamata warna terang juga penting untuk melindungi mata dari angin, debu, abu, pasir yang terbawa angin. Kacamata juga sangat membantu melindungi mata dari udara dingin terutama bila mendaki di malam hari, atau di gunung bersalju. 

7. Masker kadang diperlukan saat melintasi medan yang berdebu, atau banyak pasir dan abu, agar hidung tidak kotor.

8. Di beberapa gunung yang rawan dengan batu berjatuhan, tidak ada salahnya jika menggunakan Helm. Manfaat lainnya bisa melindungi rambut dan kepala dari sinar matahari. Biasanya helm juga dilengkapi dengan headlamp. Selain itu pendaki akan tampil lebih bergaya. 

9. Untuk melindungi kaki gunakan sepatu lengkap dengan kaus kaki. Aktivitas trekking dan hiking, yang membuat kaki Anda terbungkus dan menjadi lembab dalam kurun waktu yang lama. Gunakanlah footspray untuk meringankan kepenatan kaki dan memberikan kesegaran demi mencegah timbulnya bau tak sedap pada kaki.

10. Pada saat melakukan pendakian dalam waktu lebih dari tiga hari, mungkin karena mendaki beberapa gunung, jika pendaki menggunakan sepatu jangan lupa memotong kuku jari di kaki. Kuku yang panjang akan terasa sakit jika medan menurun bahkan kuku bisa lepas karena terdorong ke dalam menahan berat badan, rasanya seperti kuku dicabut,

11. Jika menggunakan sandal gunung jangan lupa membersihkan kuku jari kaki dari kotoran debu dan lumpur. 

  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan
Outfest 2015, pameran outdoor sport terbesar
Cara Menulis Artikel Gunung
Kebakaran Gunung Merbabu Pendakian ditutup
Toilet Alam

Kategori Artikel / Berita :

Merbabu, Merbaboe, Damalung, Meru, Argo, Pamrihan, Telomoyo, Merapi, Puncak Gunung, Kenteng Songo, Selo, Cunthel, Tekelan, Kopeng, Salatiga, Boyolali, Pasar Sapi, Watu Gubug, Puncak Pemancar, Pasar Bubrah, Kawah, Pasar Setan, Devil Bridge, Jembatan Setan, Puncak Syarif, New Selo, Merapi, Ungaran, Magelang, Watu Tulis, Pereng Putih.

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU