NATURE WATER MOUNTAIN VOLCANO CAMP HIKE COMPUTER
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Tetap Cantik di Gunung

Posted by Admin on 2016-01-10 20:02:15 UTC

Saat ini hobby mendaki gunung sudah umum dilakukan oleh pria dan wanita. Jaman dahulu hanya kaum pria yang melakukan hobby ini. Para pendaki gunung pun menjadi semakin modis baik pria maupun wanita. Para pendaki dengan busana yang menawan bergaya di depan kamera, meskipun berada di puncak gunung.

Beberapa Tips merawat tubuh dan tampil menawan ketika berada di gunung, Tips ini juga bisa berlaku untuk pria dan wanita:

1. Berhubung di gunung air adalah barang yang langka, maka Pendaki Gunung hampir tidak mandi dan cuci muka selama beberapa hari. Untuk itu bawalah tissue kering dan tissue basah untuk membersihkan tubuh, tangan dan wajah yang kotor. Deodorant yang baunya tidak terlalu wangi bisa digunakan.

2. Untuk membersihkan mulut gunakan obat kumur, jangan makan makanan yang mudah lengket di gigi, serta tidak makan makanan yang meninggalkan bau mulut. Buah Apel selain bermanfaat bagi kesehatan juga sangat baik untuk membantu membersihkan gigi.

3. Meskipun udara terasa dingin, kulit bisa terbakar karena terkena sinar Ultra Violet, untuk itu gunakan Sunblock dengan SPF 30 atau lebih. Untuk melindungi kulit tubuh agar tidak kering dan kusam. 

4. Gunakan Lip Balm Secara Berkala. Pilihlah lipbalm yang mengandung pelembab serta tabir surya, cara ini untuk menghindari terjadinya bibir kering dan pecah-pecah. Lip Balm juga bisa digunakan untuk menutup pendarahan ringan seperti kulit yang tergores duri. Jika tidak memiliki sunblock, gunakan lipbalm pada hidung dan wajah agar tidak pecah dan mengelupas. Kaki yang lecet karena sepatu juga bisa diolesi lipbalm.

5. Kain penutup kepala/bandana/topi sangat bermanfaat untuk melindungi rambut dan kulit kepala. Gunakan bahan yang mudah menghisap keringat disiang hari, jangan terlalu tebal karena panas dan tidak nyaman, tetapi juga jangan terlalu tipis karena panas matahari bisa menembus bahan kain. Gunakan Kupluk dengan bahan yang tebal di malam hari untuk melindungi kepala dan rambut dari udara dingin.

6. Gunakan kacamata gelap untuk melindungi mata dari sinar matahari. Pilihlah sunglasses yang mengandung UV filter. Kacamata warna terang juga penting untuk melindungi mata dari angin, debu, abu, pasir yang terbawa angin. Kacamata juga sangat membantu melindungi mata dari udara dingin terutama bila mendaki di malam hari, atau di gunung bersalju. 

7. Masker kadang diperlukan saat melintasi medan yang berdebu, atau banyak pasir dan abu, agar hidung tidak kotor.

8. Di beberapa gunung yang rawan dengan batu berjatuhan, tidak ada salahnya jika menggunakan Helm. Manfaat lainnya bisa melindungi rambut dan kepala dari sinar matahari. Biasanya helm juga dilengkapi dengan headlamp. Selain itu pendaki akan tampil lebih bergaya. 

9. Untuk melindungi kaki gunakan sepatu lengkap dengan kaus kaki. Aktivitas trekking dan hiking, yang membuat kaki Anda terbungkus dan menjadi lembab dalam kurun waktu yang lama. Gunakanlah footspray untuk meringankan kepenatan kaki dan memberikan kesegaran demi mencegah timbulnya bau tak sedap pada kaki.

10. Pada saat melakukan pendakian dalam waktu lebih dari tiga hari, mungkin karena mendaki beberapa gunung, jika pendaki menggunakan sepatu jangan lupa memotong kuku jari di kaki. Kuku yang panjang akan terasa sakit jika medan menurun bahkan kuku bisa lepas karena terdorong ke dalam menahan berat badan, rasanya seperti kuku dicabut,

11. Jika menggunakan sandal gunung jangan lupa membersihkan kuku jari kaki dari kotoran debu dan lumpur. 

Wilayah Jawa bagian Barat paling kaya akan flora asli sebagian besar jenis tanamannya tidak tumbuh di Jawa bagian tengah dan timur. Setengah dari jumlah spesies anggrek hanya tumbuh di Jawa bagian barat. Hal ini disebabkan oleh adanya hutan selalu basah yang luas dan kaya akan jenis.

Tidak mengherankan bila gunung-gunung di Jawa bagian Barat masih diselimuti oleh hutan-hutan yang lebat. Tumbuhan yang tahan terhadap kekeringan terdapat di bagian utara mulai dari Indramayu, Karawang, sampai Jakarta. Hal ini menambah kekayaan tumbuhan di Jawa bagian Barat.

Gunung Salak yang berada dalam wilayah Taman Nasional Gunung Salak Halimun, memiliki hutan yang lebat dengan aneka ragam satwa liar yang tinggal di dalamnya.

Medan pendakian untuk menuju puncak gunung Salak masih sering tertutup rumput serta tanaman semak liarlainnya. Terutama bila jalur tidak dilewati dalam beberapa hari maka rumput akan tumbuh dan menutupi jalur. Satwa langka seperti cacing raksasa dengan ukuran panjang lebih dari 1 meter dapat dijumpai di tengah jalur pendakian. Gerombolan monyet pun kadang melintas di atas pepohonan.

Gunung Gede Pangrango yang menjadi gunung favorit bagi pendaki-pendaki sekitar Jakarta dan Bandung masih tetap tampak terjaga hutan yang berada dalam kawasan Taman Nasional, meskipun sering dilewati para pendaki. Peraturan yang keras mampu menjaga kawasan hutan sehingga terhindar dari kebakaran hutan.

Taman Nasional gunung Ciremei juga masih diselimuti hutan yang sangat lebat terutama di bagian Selatan yakni di jalur Palutungan Kuningan dan jalur Apuy Majalengka. Dikedua jalur tersebut hutan masih cukup basah, sementara jalur Linggajati meski masih berhutan cukup lebat namun suasananya hutannya di jalur pendakian lebih kering.


New Page 1

West Java surrounds Jakarta, the Indonesian capital city. Most of the cities in West Java can be reached by bus, car or train. To get to the southern parts of Cianjur or Sukabumi you need 4 wheel drive. Bandung, the largest city in West Java can be reached in two hours.

* Banten - the westernmost tip of the island, formerly an independent sultanate and now once again its own province * Puncak— Weekend getaway * Ujung Kulon National Park - one of the last holdouts of the Javan rhinoceros and a UNESCO World Heritage site
* Rengasdengklok - a typical, unspoilt country town, surrounded by rice fields.
* Pelabuhan Ratu - a port and resort in a spectacularly beautiful bay.
* Kampung Naga - a traditional village which still same for centuries until now.
* Pangandaran - a beautiful beach located in the south-eastern most part of west java, it is the best known beach tourism in west java.
* Tangkubanparahu - famous mountain and crater located at the north of Bandung, it's well known for the nearest crater mountain can be reach by a car.
* Pulau Seribu National Park

* Jakarta — the chaotic, congested yet oddly fascinating Indonesian capital
* Bekasi and Depok — satellites of Jakarta
* Bogor — world-class botanical gardens (60 km south of Jakarta)
* Bandung — the Parijs van Java of Dutch colonial days, now a university town with great factory outlet shopping
* Cirebon — Batik, Traditional Javaneese Palace
* Ciamis
* Cianjur
* Sukabumi
* Tasikmalaya
* Garut — Cangkuang an Hindu Temple

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
 
 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU