Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung

Mendaki gunung adalah olahraga yang ekstrem, tenaga kita akan terkuras sepanjang hari terus menerus selama 2-3 hari bahkan bisa lebih.

Makanan yang bergizi sangat diperlukan, begitu juga dengan kebutuhan air minum yang lebih banyak dari keperluan sehari-hari karena mengeluarkan keringat yang berlebihan. 

Namun sayangnya banyak pendaki yang berbekal apa adanya, ketika mereka melakukan pendakian, apalagi anak-anak pelajar yang belum banyak pengalaman mendaki.

Bekal utama nomor satu adalah kebutuhan air minum, sehari-hari manusia perlu 2 liter air minum. Ketika mendaki gunung kebutuhan air minum bisa meningkat menjadi 4-5 liter per hari. Apalagi bila mendaki di siang hari di gunung-gunung yang gundul, seperti sumbing, sundoro, merbabu, merapi, siang hari panas sekali sehingga cepat haus.

Bekal pendaki biasanya mie instant, roti, biskuit, cemilan, botol air mineral. Roti dan roti tawar akan berjamur bila lebih dari dua hari. Roti kering atau biskuit bisa bertahan hingga beberapa hari. Membeli nasi bungkus di basecamp masih bisa dimakan 6 jam kemudian di gunung, agar bisa bertahan hingga lebih dari 12 jam, pisah kan nasi, lauk dan sayur di bungkus plastik yang terpisah. Bila sayur sudah basi biasanya nasi dan lauk masih bisa dimakan meskipun dingin.

Pendaki yang berkemah biasanya membawa peralatan masak, sehingga bisa menanak nasi. Agar tubuh lebih bertenaga makan nasi sangat baik bagi pendaki. Telur asin dan daging abon bisa bertahan beberapa hari dan sangat praktis untuk memenuhi kebutuhan protein. Sambal yang digoreng, tempe orek, ikan asin dicabein, bisa jadi lauk yang sangat enak dan bisa bertahan selama beberapa hari.

Gula jawa, permen, madu atau coklat adalah camilan tambahan ketika sedang berjalan di gunung, bermanfaat memberikan tambahan kalori cepat. Buah apel sangat baik untuk menambah asupan serat dan vitamin, meskipun cukup berat dan memakan tempat di dalam tas, bawalah apel beberapa biji, dimakan minimal 1 biji per hari.

Susu sebaiknya dibawa dalam bentuk bubuk, siapkan dalam plastik kecil-kecil untuk sekali seduh, atau beli susu sasetan agar lebih praktis. Susu lebih enak dinikmati dalam keadaan hangat, dicampur madu banyak memberi manfaat bagi kesehatan.

Pilihlah camilan yang bermanfaat seperti kacang kedele goreng, jangan membawa camilan yang pedas dan asin sehingga membuat leher dan mulut kehausan. Sebaiknya lupakan minuman bersoda ataupun minuman berenergi apalagi minuman yang beralkohol, usahakan tetap minum air putih sebanyak mungkin.

Untitled Document

TENTANG MERBABU.COM

Merbabu Community atau Komunitas Pecinta Alam Merbabu, berdiri sejak tahun 1984.

Website Merbabu.com hadir sejak tahun 2001, dirintis sejak tahun 1997 dengan domain hosting gratisan.

 

.

.

Copyrights © 2001 - Blogging All rights reserved | Template by W3layouts