MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Monumen Pers Nasional Solo

Posted by Admin on 2013-06-04 16:41:54 UTC

Gedung Monumen Pers Nasional terletak di sebelah barat Kraton Mangkunegaran, sebelah selatan stasiun Balapan tepatnya di Jalan Gajahmada no:59 Surakarta. Semula gedung ini adalah sebuah societiet  “Sasana Soeka” milik kerabat Mangkunegaran, gedung ini dibangun atas prakarsa KGPAA. Sri Mangkunegoro VII, pada tahun 1918 dan diperuntukkan sebagai balai pertemuan. Hingga tahun 1977 Gedung ini pernah menjadi Markas Besar Palang Merah Indonesia (PMI). 

Pada jaman Belanda gedung ini sering digunakan untuk pesta dansa bule-bule sementara untuk para priyayi, disediakan bangunan tersendiri yang terletak di depan   “Sasana Soeka” yang kemudian menjadi taman kanak-kanak Pusaka dan sekolah dasar Gondowijayan. Sekarang ini SD dan TK ini sudah tidak ada. 

 

Sebelum tahun 1970-an bus luar kota dari Pacitan dan Wonogiri yang menuju Terminal Bus Tirtonadi lewat jalan Gajahmada, melintas di depan eks gedung PMI ini. Sehingga di depan gedung ini selalu ramai oleh calon penumpang bus yang hendak menuju ke Terminal.

Masih sekitar tahun 1970-an pada malam hari di halaman depan gedung PMI ini, ramai sekali oleh masyarakat yang menonton Televisi. Tepatnya dari jendela besar sebelah kiri di pasang Televisi Hitam Putih ukuran 12 inchi, Meskipun hanya siaran TVRI masih dalam format Hitam Putih, setiap malam ramai masyarakat menonton seperti layar tancap.

Di depan eks gedung PMI ketika menjadi TK Pusaka terdapat Gazebo, jika malam hari sangat ramai karena ada jajanan malam kas Solo yakni wedangan Pak Min. Pembeli bisa duduk lesehan di gazebo ini.

Masih di depan eks gedung PMI menyeberang jalan di depan TK Pusaka, terdapat bangunan PERSIS Solo yang halamannya luas dan pada sore dan malam hari rame sekali oleh anak-anak kampung yang bermain.

Di samping eks gedung PMI ini, seberang jalan terdapat Taman dengan kolam air mancur, sementara di perempatan jalan di depan gedung eks PMI ini berdiri tugu, dahulunya adalah bundaran air mancur.

Pada tahun 1977 gedung ini berubah fungsi menjadi Monumen Pers Nasional dan dilakukan renovasi penambahan 2 gedung baru 2 lantai di sisi kiri dan kanan, serta satu gedung empat lantai di belakang bangunan utama. Serta penambahan empat patung Naga di tangga pintu masuk bangunan utama.

Di dalam museum Monumen Pers Nasional, banyak sekali dokumen-dokumen penting dari jaman penjajahan Belanda, Jepang sampai kemerdekaan Indonesia, mulai dari naskah sampau buku-buku yang jumlahnya sangat banyak. Selain itu, di museum ini ada pula alat-alat pers kuno, pemancar radio, koleksi foto bahkan koran sejak jaman belanda dalam bentuk digital, ada juga baju wartawan yang meninggal saat mencari berita juga ada.

 

  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan
Outfest 2015, pameran outdoor sport terbesar
Cara Menulis Artikel Gunung
Kebakaran Gunung Merbabu Pendakian ditutup

Kategori Artikel / Berita :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU