MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga

Posted by Admin on 2015-10-02 12:07:26 UTC

Sebelum mendaki gunung Merbabu kita dapat makan di Warung Makan Nasi Gudeg yang terletak di Pasar Sapi Salatiga. Warung ini terletak di dalam pasar di dekat pintu masuk. Sarapan sejenak sebelum naik bus jurusan Salatiga Kopeng.

Bagi para pendaki sangat disayangkan bila tidak sempat mampir mencoba makan di warung yang sudah sangat terkenal di Salatiga dan sekitarnya. Warung gudeg koyor milik Ibu Hj Sukini yang terletak di sebelah Timur gunung Merbabu ini bernama Nasi Gudeg Koyor Miroso.

Bagi yang tidak suka makan gudeg karena sudah berpikiran pasti manis, tidak ada salahnya bila menikmati gudeg yang satu ini "Gudeg Koyor". Paduan rasa manis, gurih, dan pilihan rasa pedas membuat lidah kita akan ketagihan. Selain itu terdapat campuran krecek, daun singkong dan kacang kedelai yang menambah kenikmatan Gudeg Koyor ini. Dipadukan dengan rasa asin "karak " atau krupuk gendar serta hangatnya minum teh, memberi kenangan tersendiri bagi para pendaki gunung.

Koyor sejatinya merupakan urat alias otot sapi yang berada di sekitar tulang punggung sapi. Kendati disebut urat, namun lantaran dimasak dengan teknik tertentu, maka koyor tersebut terasa sangat lembut. Seru kan ngebayangin rasa manis gudeg berpadu dengan pedesan sambel krecek dan sensasi gurihnya koyor. Sampai puncak gunung Merbabu masih terbayang kelesatannya, membuat pendaki Merbabu ingin cepat-cepat turun untuk kembali makan nasi gudeg di Pasar sapi ini.

 

 

  New Page 1

Foto-foto pendakian Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900

 

Harimau Jawa telah lama dinyatakan punah namun beberapa pendaki gunung sering bercerita berjumpa dengan harimau loreng ini. Apakah ini harimau jadi-jadian?

Gunung Salak sejak jaman dahulu sudah sering dikunjungi oleh para pejiarah, dahulu terdapat patung pemujaan di puncak gunung Salak. Terdapat juga makam mbah Gunung Salak yang sering dikunjungi para pejiarah.

Suasana puncak gunung Lawu tempo dulu awal tahun 1900

Headline Artikel / Berita :

Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Museum Lingga Jati
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Tentang Merbabu.Com
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Penutupan Taman Nasional Gede Pangrango
Ratusan orang upacara "sadranan" di lereng Merapi
Keraton Yogyakarta kembali gelar Labuhan Merapi
Berdirinya dusun Thekelan
Outfest 2015, pameran outdoor sport terbesar
Cara Menulis Artikel Gunung
Kebakaran Gunung Merbabu Pendakian ditutup
Toilet Alam

Kategori Artikel / Berita :

Merbabu, Merbaboe, Damalung, Meru, Argo, Pamrihan, Telomoyo, Merapi, Puncak Gunung, Kenteng Songo, Selo, Cunthel, Tekelan, Kopeng, Salatiga, Boyolali, Pasar Sapi, Watu Gubug, Puncak Pemancar, Pasar Bubrah, Kawah, Pasar Setan, Devil Bridge, Jembatan Setan, Puncak Syarif, New Selo, Merapi, Ungaran, Magelang, Watu Tulis, Pereng Putih.

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU