CANDI JAGO CANDI TUMPANG

Bagi pendaki gunung Semeru yang sering beristirahat di Pasar Tumpang menunggu truk atau Jip sewaan, di belakang pasar terdapat sebuah candi yakni Candi Jago atau candi Tumpang, terletak di sebelah Timur kota Malang, dan berjarak sekitar 20 Km dari kota Malang, tidak jauh dari pasar Tumpang.

Candi Jago ini dibangun pada tahun 1268 oleh Raja Kertanegara, untuk untuk menghormati ayahnya, Raja Wishnu Wardana yg dilambangkan sebagai Amoghapaca. Relief yang ada di candi Jago bercerita tentang wayang dengan kisah Kunjorokarno.

Wishnuwardana menjadi Raja di Kediri berhasil mempersatukan Kediri dan Tumapel, dan kawin dengan Jayawardhani (Waning Hyun) putri dari Parameswara (Mahesa Wong Ateleng), dan melahirkan seorang putera yang diberi nama Narraya Murdhaya. Pada tahun 1254 Putera Mahkota Naraya diangkat menjadi Raja muda (Yuwaraja) di Kediri dan bergelar Kertanegara.

Setelah Wisnuwardana wafat pada tahun 1268, maka Kertanegara menggantikan kekuasaan ayahnya dan berkuasa di Tumapel, dan daerahnya disebut Singosari.

TENTANG MERBABU.COM

Merbabu Community atau Komunitas Pecinta Alam Merbabu, berdiri sejak tahun 1984.

Website Merbabu.com hadir sejak tahun 2001, dirintis sejak tahun 1997 dengan domain hosting gratisan.

UNDERCONSTRUCTION

KERATON

CANDI

AIR TERJUN

 

.

.

Copyrights © 2001 - 2017 Merbabu.Com Powered by Propacom