Gunung dan Pemanasan Global

Kenaikan suhu Bumi saat ini ramai dibicarakan orang. Apakah hanya sekedar isu yang dibuat-buat atau memang benar-benar terjadi. Apabila kita kembali ke masa 20 tahun yang lalu mungkin kita akan merasakan banyak sekali perbedaannya.

Kenaikan suhu global memang benar-benar terjadi, akibatnya kebakaran hutan di musim kemarau di gunung-gunung bisa sering terjadi. Pohon-pohon besar yang membentuk hutanpun hilang berubah menjadi padang rumput. Panas nya matahari yang sudah menyengat kulitpun semakin bertambah karena tidak ada pohon untuk berlindung.

Gunung Lawu di tahun 80-an hutannya bisa dibilang masih lebat, di siang haripun tidak terlalu panas. Berbeda dengan sekarang, di siang hari pendaki tidak akan sanggup lama berada di puncak Lawu karena panasnya yang luar biasa (kecuali bila sedang berkabut).

Hutan di Gunung Lawu sebenarnya masih lumayan dibanding Gn. Sumbing, Gn.Sundoro, Gn. Merbabu yang di sekitar puncaknya benar-benar tidak berhutan. Dahulu kita selalu sulit untuk bisa melihat puncak gunung karena selalu tertutup kabut tebal. bahkan lereng-lereng gunung di musim kemaraupun selalu dilapisi kabut.

Masih sekitar tahun 80-an kota Ambarawa di siang hari di musim kemarau juga sering berselimutkan kabut. Bawen yang terkenal dengan tanjakan mautnya pun juga sering berselimut kabut, apalagi Kopeng yang berada di kaki Gunung Merbabu.

Pemanasan Global benar-benar terjadi dan coba kita mencari informasi dari orang tua kita. Mereka pasti mengerti betul perbedaan yang telah terjadi di bumi ini.

Untitled Document

TENTANG MERBABU.COM

Merbabu Community atau Komunitas Pecinta Alam Merbabu, berdiri sejak tahun 1984.

Website Merbabu.com hadir sejak tahun 2001, dirintis sejak tahun 1997 dengan domain hosting gratisan.

 

.

.

Copyrights © 2001 - Blogging All rights reserved | Template by W3layouts