MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Jamur yang dapat dimakan

Posted by Admin on 2016-07-07 00:25:45 UTC

Bagi pendaki gunung yang kadangkala harus melakukan survival karena kehabisan bekal makanan, sering kali berusaha mencari makanan dari tumbuhan yang ada disekitarnya, salah satunya adalah jamur. Namun tidak semua jamur dapat dikonsumsi manusia bahkan bisa menjadi racun. Jamur yang bisa dimakan mengandung protein, serat, vitamin dan nutrisi lainnya, sehingga sangat baik bagi kesehatan.

 

Jamur yang dapat dimakan diantaranya adalah :

1. Jamur Kuping
Jamur kuping terdiri dari 3 jenis yaitu, jamur kuping putih (Tremella fuciformis), jamur kuping hitam (Auricularia polytricha) dan jamur kuping merah (Auricularia auricula-judae). Masyarakat tradisional bisa dengan mudah mendapatkan jamur ini dari alam yang biasanya tumbuh pada batang-batang pohon yang sudah lapuk. 

2. Jamur Tiram
Jamur tiram/ shimeji dikenal pula dengan nama populer Oyster Mushroom dan nama latin Pleurotus ostreatus. Tangkai tudungnya menyerupai cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dan berwarna putih hingga krem. Budidaya jamur ini tergolong sederhana dan sangat mudah didapatkan di sekitar kita. 

3. Jamur Kancing
Jamur kancing (Agaricus bisporus) atau champignon merupakan jamur pangan berbentuk seperti kancing , berwarna putih bersih, krem, atau coklat muda. Dalam bahasa Inggris disebut dengan table mushroom, white mushroom, common mushroom atau cultivated mushroom. Biasanya digunakan untuk bahan tambahan membuat pizza, omelet, dan sebagainya.

4. Jamur Merang
Jamur ini paling banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Jamur merang telah lama dibudidayakan sebagai bahan pangan karena tumbuhan ini termasuk golongan jamur yang paling enak rasanya dan mempunyai tekstur yang baik.

 
4. Jamur Shiitake
Shiitake disebut juga, Chinese Black Mushroom, Jamur jenis ini sudah dikenal sebagai jamur pangan sejak 2000 tahun silam, terutama di kawasan Asia.
Meski pernah diproduksi massal secara industri pada tahun 1940 an, namun sejatinya jamur shiitake sudah dibudidayakan secara tradisional sejak tahun 900 an di Cina.
 
 
5. Jamur Enokitake
Jamur yang satu ini cukup jarang ditemui di Indonesia karena hanya tumbuh dengan baik di suhu dingin. Jamur yang memiliki nama latin Flammulina velutipes ini tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi.
 
 
 
Jamur dibawah ini adalah jamur yang beracun
 


 

New Page 1

 
Alam Gaib dan Mahkluk Halus
Kepercayaan orang Jawa pada Mahkluk Halus penguasa Alam

Mengelola sampah?
Konservasi Alam
Ekologi, Populasi, Ekosistem
Munculnya Kabut
Terbentuknya Embun
Keanekaragaman Hayati
Pemanasan Global
Lingkungan Bioatik, Abiotik

Badak Jawa
Harimau Jawa
Harimau Sumatera
Macan Tutul
Primata
Lutung
Monyet Ekor Panjang
Yeti dan Bigfoot
Lintah atau Pacet
Elang Jawa
Merak
Ayam Hutan
Rusa Jawa
Kijang
Banteng

Hutan dan manfaatnya
Bunga Edelweis
Rhododendron
Tumbuhan yang dapat Menjerit?

Sejarah terbentuknya Bumi
Hutan di masa Lampau
Munculnya Binatang
Munculnya Manusia
Bagaimana gunung terbentuk?
 

Headline Artikel Bebas:

Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Cara Menulis Artikel Gunung
Toilet Alam
Jadwal Kereta Ekonomi
Daftar Toko Outdoor
Dr. Theophil Wurt
Monumen Pers Nasional Solo
Punokawan : Lelucon Gaya Pendaki
Tips mengadakan acara Pendakian Masal
Kebakaran Gunung

Kategori Artikel :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU