MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

Tips mendaki gunung sambil berpuasa

Posted by Admin on 2017-05-24 23:20:59 UTC

Mungkin kedengarannya aneh jika seorang pendaki gunung tetap melakukan kegiatan pendakian di bulan puasa ini tanpa meninggalkan ibadah puasa. Mungkinkah seorang pendaki sanggup melakukan pendakian sambil berpuasa. Godaan tentu sangat besar, dan diperlukan trik-trik khusus ketika melakukan pendakian gunung sambuil berpuasa.

Ternyata para pejiarah sanggup melakukannya. Kita sering berjumpa dengan para pejiarah yang mendaki gunung-gunung angker sambil berpuasa dan mereka baru makan setelah sampai di puncak gunung. Niat dan kemauan yang kuat dari para pejiarah ini perlu dicontoh oleh para pendaki gunung.

Bahkan jaman dahulu para pertapa digunung berpuasa selama berhari-hari tidak makan dan minum. Sungguh luar biasa ketahanan fisik dan mentalnya.

Beberapa gunung yang sering didaki para pejiarah adalah gunung Ciremei, gunung Salak, gunung Lawu, gunung gumuruh (gn.gede), gunung karang dan hampir semua gunung di jawa didatangi para pejiarah.

Tips mendaki sambil Puasa :

1. Pilihlah Gunung yang berhutan sehingga bisa mengurangi pengeluaran air dari dalam tubuh, selain udaranya sejuk sehingga tidak kehausan, juga terhindar dari panas matahari yang bisa menguras keringat. Misal : Gn.Gede-Pangrango, Gn.Salak, Gn.Ungaran, Gn.Ciremei, Gn.Lawu.

2. Lebih baik mendaki di malam hari, pagi sampai di puncak dan siang hari turun gunung. Berjalan di malam hari akan menghemat air minum, tubuh tidak banyak mengeluarkan air keringat, dan andapun bebas makan sepuasnya. 

3. Bawalah barang seefisien mungkin, barang yang tidak diperlukan, serta jenis barang yang sama tidak usah di bawa. Misal Pilih Sandal atau Sepatu jangan bawa keduanya, Kalau tidak bermalam tidak usah membawa jaket tebal, cukup jas hujan saja.

4. Usahakan membawa makanan siap saji, tidak perlu membawa peralatan masak serta bahan makanan mentah, sehingga memperingan tas untuk menghemat tenaga. Meskipun anda merasa harus berkemah.

5. Bawalah makanan yang siap santap dan memiliki nilai gizi misal : telur asin, apel, roti di isi abon atau dendeng, ayam goreng, tempe goreng. Daging akan lama tinggal di dalam lambung sehingga bisa memperpanjang perasaan kenyang.

6. Kedengarannya aneh tapi sangat penting untuk menggunakan payung untuk menghindari panas.

7. Selalu ceria dan berpikiran positif akan memberikan sugesti yang sanggup mengalahkan rasa lapar dan haus. Contoh positif thinking : Perasaan cinta akan alam, Berniat berjiarah, merasa senang dan puas niatnya mendaki tercapai, merasa tertantang untuk mendaki sambil puasa, hal ini biasa saja nggak perlu dipikirkan, manusia sanggup menahan lapar dan minum cuman beberapa jam saja kok.

8. Anggap saja latihan survival anda berpura-pura kehabisan makan dan minuman, seberapa lama anda sanggup bertahan. 


 

New Page 1

 
Alam Gaib dan Mahkluk Halus
Kepercayaan orang Jawa pada Mahkluk Halus penguasa Alam

Mengelola sampah?
Konservasi Alam
Ekologi, Populasi, Ekosistem
Munculnya Kabut
Terbentuknya Embun
Keanekaragaman Hayati
Pemanasan Global
Lingkungan Bioatik, Abiotik

Badak Jawa
Harimau Jawa
Harimau Sumatera
Macan Tutul
Primata
Lutung
Monyet Ekor Panjang
Yeti dan Bigfoot
Lintah atau Pacet
Elang Jawa
Merak
Ayam Hutan
Rusa Jawa
Kijang
Banteng

Hutan dan manfaatnya
Bunga Edelweis
Rhododendron
Tumbuhan yang dapat Menjerit?

Sejarah terbentuknya Bumi
Hutan di masa Lampau
Munculnya Binatang
Munculnya Manusia
Bagaimana gunung terbentuk?
 

Headline Artikel Bebas:

Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Cara Menulis Artikel Gunung
Toilet Alam
Jadwal Kereta Ekonomi
Daftar Toko Outdoor
Dr. Theophil Wurt
Monumen Pers Nasional Solo
Punokawan : Lelucon Gaya Pendaki
Tips mengadakan acara Pendakian Masal
Kebakaran Gunung

Kategori Artikel :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU