<< Prev 1 2 3 4 5 Next >>

Punokawan : Lelucon Gaya Pendaki

Pendaki Gunung yang berkemah apalagi ketika hujan deras dan hawa dingin menyerang tidak memiliki pilihan selain berdiam diri di dalam tenda. Makanan ringan dan minuman hangat dapat membantu  melawan hawa dingin. Namun yang sering kali susah dilawan adalah rasa bosan berdiam meringkuk di dalam tenda selama berjam-jam. 

Untuk menyegarkan suasana biasanya para pendaki saling bercerita, baik cerita lucu maupun cerita yang seram-seram. Selain itu tebakan yang lucu-lucu juga membantu para pendaki untuk tetap ceria di dalam tenda, meski di luar hujan dan kabut tebal menyelimuti tenda. Punokawan adalah kumpulan tebak-tebakan yang dapat membantu menghangatkan suasana kemping ceria.

baca selengkapnya...


Tips mengadakan acara Pendakian Masal

Membuat acara Pendakian Masal sebenarnya tidak terlalu sulit, namun akan lebih baik jika dipersiapkan dengan cermat dan cukup matang.

Kelompok pendaki yang sering melakukan pendakian secara bersama, kadang kala tanpa persiapan, langsung membuat janji naik gunung secara mendadak atau spontanitas, dan langsung bertemu di stasiun atau di basecamp pendakian.

baca selengkapnya...


Kebakaran Gunung

Kebakaran hutan di lereng gunung-gunung mulai kembali terjadi di puncak musim kemarau kali ini. Gunung Slamet dan Gunung Sundoro yang berada di Jawa Tengah terbakar di bulan Agustus 2012. Begitu juga dengan gunung Kelud dan Papandayan.

Kebakaran hutan bisa dipicu oleh faktor manusia dan faktor alam. Pendaki yang ceroboh sering kali meninggalkan api unggun yang masih menyala. Begitu juga dengan puntung rokok yang masih menyala yang dilempar sembarangan. Botol kaca bekas minuman yang dibuang sembarangan bisa menjadi lensa yang menimbulkan api ketika kena sinar matahari yang sangat panas dan ada bahan yang mudah terbakar.

Para petani yang membuka ladang sering kali membakar rumput dan hutan. Beberapa pembuat arang membakar kayu pohon yang masih utuh dan meninggalkannya. Ketika angin kencang dan rumpun disekitar kering maka timbullah kebakaran.

Faktor alam bisa disebabkan oleh begitu panasnya suhu udara sehingga batu-batuan menjadi sangat panas bila dipegang. Ranting dan rumput kering yang bergesekan dengan kayu panas atau batu panas bisa menimbulkan api.  


<< Prev 1 2 3 4 5 Next >>
Untitled Document

TENTANG MERBABU.COM

Merbabu Community atau Komunitas Pecinta Alam Merbabu, berdiri sejak tahun 1984.

Website Merbabu.com hadir sejak tahun 2001, dirintis sejak tahun 1997 dengan domain hosting gratisan.

 

.

.

Copyrights © 2001 - Blogging All rights reserved | Template by W3layouts