MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI

<< Prev 1 2 3 Next >>

Monumen Pers Nasional Solo

Posted by Admin on 2013-06-04 16:41:54 UTC

Gedung Monumen Pers Nasional terletak di sebelah barat Kraton Mangkunegaran, sebelah selatan stasiun Balapan tepatnya di Jalan Gajahmada no:59 Surakarta. Semula gedung ini adalah sebuah societiet  “Sasana Soeka” milik kerabat Mangkunegaran, gedung ini dibangun atas prakarsa KGPAA. Sri Mangkunegoro VII, pada tahun 1918 dan diperuntukkan sebagai balai pertemuan. Hingga tahun 1977 Gedung ini pernah menjadi Markas Besar Palang Merah Indonesia (PMI). 

Pada jaman Belanda gedung ini sering digunakan untuk pesta dansa bule-bule sementara untuk para priyayi, disediakan bangunan tersendiri yang terletak di depan   “Sasana Soeka” yang kemudian menjadi taman kanak-kanak Pusaka dan sekolah dasar Gondowijayan. Sekarang ini SD dan TK ini sudah tidak ada. 

 

baca selengkapnya...


Punokawan : Lelucon Gaya Pendaki

Posted by Admin on 2013-02-21 02:48:55 UTC

Pendaki Gunung yang berkemah apalagi ketika hujan deras dan hawa dingin menyerang tidak memiliki pilihan selain berdiam diri di dalam tenda. Makanan ringan dan minuman hangat dapat membantu  melawan hawa dingin. Namun yang sering kali susah dilawan adalah rasa bosan berdiam meringkuk di dalam tenda selama berjam-jam. 

Untuk menyegarkan suasana biasanya para pendaki saling bercerita, baik cerita lucu maupun cerita yang seram-seram. Selain itu tebakan yang lucu-lucu juga membantu para pendaki untuk tetap ceria di dalam tenda, meski di luar hujan dan kabut tebal menyelimuti tenda. Punokawan adalah kumpulan tebak-tebakan yang dapat membantu menghangatkan suasana kemping ceria.

baca selengkapnya...


Tips mengadakan acara Pendakian Masal

Posted by Admin on 2013-02-19 04:20:57 UTC

Membuat acara Pendakian Masal sebenarnya tidak terlalu sulit, namun akan lebih baik jika dipersiapkan dengan cermat dan cukup matang.

Kelompok pendaki yang sering melakukan pendakian secara bersama, kadang kala tanpa persiapan, langsung membuat janji naik gunung secara mendadak atau spontanitas, dan langsung bertemu di stasiun atau di basecamp pendakian.

baca selengkapnya...


Kebakaran Gunung

Posted by Admin on 2012-08-25 13:50:14 UTC

Kebakaran hutan di lereng gunung-gunung mulai kembali terjadi di puncak musim kemarau kali ini. Gunung Slamet dan Gunung Sundoro yang berada di Jawa Tengah terbakar di bulan Agustus 2012. Begitu juga dengan gunung Kelud dan Papandayan.

Kebakaran hutan bisa dipicu oleh faktor manusia dan faktor alam. Pendaki yang ceroboh sering kali meninggalkan api unggun yang masih menyala. Begitu juga dengan puntung rokok yang masih menyala yang dilempar sembarangan. Botol kaca bekas minuman yang dibuang sembarangan bisa menjadi lensa yang menimbulkan api ketika kena sinar matahari yang sangat panas dan ada bahan yang mudah terbakar.

Para petani yang membuka ladang sering kali membakar rumput dan hutan. Beberapa pembuat arang membakar kayu pohon yang masih utuh dan meninggalkannya. Ketika angin kencang dan rumpun disekitar kering maka timbullah kebakaran.

Faktor alam bisa disebabkan oleh begitu panasnya suhu udara sehingga batu-batuan menjadi sangat panas bila dipegang. Ranting dan rumput kering yang bergesekan dengan kayu panas atau batu panas bisa menimbulkan api.  


Naskah Merbabu-Merapi

Posted by Admin on 2010-06-04 13:38:46 UTC
Berbicara tentang naskah, apalagi naskah Jawa, kita tidak boleh lupa bahwa di dunia ini terdapat sejumlah naskah yang dapat dikatakan masih sebagai hutan belantara. Disebut demikian karena keberadaan koleksi naskah itu baru diketahui oleh segelintir orang saja dan banyak informasi mengenai naskah-naskahnya masih gelap.
 
 
Padahal menurut van der Molen (1983) secara historis koleksi naskah tersebut sangat penting karena dapat mengungkapkan sejarah kesusastraan Jawa yang semula dikira hilang. Beberapa pakar dari dunia pernaskahan menyebut koleksi naskah itu sebagai Koleksi Merbabu-Merapi.
baca selengkapnya...


Tahun Baru berjumpa Cacing Raksasa

Posted by Admin on 2009-01-19 15:40:12 UTC

Tanggal 30 Desember 2008 hingga 1 Januari 2009 Opa steve, ferry (chimot), Supra dan Juli (Habitat Semarang) melakukan pendakian ke Gunung Salak. Pendakian melewati jalur Cibuntu - Cimelati dan turun melewati jalur yang sama. Hujan deras, angin kencang dan kabut tebal muncul sepanjang hari.

Gunung Salak di Jawa Barat, diselimuti oleh hutan lebat dan banyak terdapat ribuan spesies flora dan fauna, termasuk cacing tanah raksasa dengan panjang lebih dari 1,5 meter. Kadang-kadang pendaki melihatnya ketika curah hujan tinggi dan terjasi hujan sepanjang hari di seluruh wilayah gunung. Cacing raksasa berwarna biru ini (Metaphire longa) oleh penduduk setempat disebut cacing sonari atau cacing bernyanyi, karena dapat mengeluarkan suara seperti peluit di malam hari. Cacing Sonari adalah sejenis cacing tanah.

baca selengkapnya...


Wallace

Posted by Admin on 2008-06-08 12:54:47 UTC

Alfred Russel Wallace O.M., F.R.S. (lahir 8 Januari 1823 – meninggal 7 November 1913 pada umur 90 tahun) dikenal sebagai seorang naturalis, penjelajah, pengembara, ahli antropologi dan ahli biologi dari Britania Raya. Ia terkenal sebagai orang yang mengusulkan sebuah teori tentang seleksi alam, dimana kemudian hari malah membuat Charles Darwin lebih terkenal dari dia dengan teorinya sendiri.

baca selengkapnya...


<< Prev 1 2 3 Next >>

 

New Page 1

 
Alam Gaib dan Mahkluk Halus
Kepercayaan orang Jawa pada Mahkluk Halus penguasa Alam

Mengelola sampah?
Konservasi Alam
Ekologi, Populasi, Ekosistem
Munculnya Kabut
Terbentuknya Embun
Keanekaragaman Hayati
Pemanasan Global
Lingkungan Bioatik, Abiotik

Badak Jawa
Harimau Jawa
Harimau Sumatera
Macan Tutul
Primata
Lutung
Monyet Ekor Panjang
Yeti dan Bigfoot
Lintah atau Pacet
Elang Jawa
Merak
Ayam Hutan
Rusa Jawa
Kijang
Banteng

Hutan dan manfaatnya
Bunga Edelweis
Rhododendron
Tumbuhan yang dapat Menjerit?

Sejarah terbentuknya Bumi
Hutan di masa Lampau
Munculnya Binatang
Munculnya Manusia
Bagaimana gunung terbentuk?
 

Headline Artikel Bebas:

Tips mendaki gunung sambil berpuasa
Junghuhn
Perjalanan petualangan Franz Wilhelm Junghuhn 1835-1859
Walkie talkie
Jamur yang dapat dimakan
Manfaat Mendaki Gunung
Tetap Cantik di Gunung
Januari : Hujan sehari-hari
Bekal Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung
Nasi Gudeg Koyor Pasar Sapi Salatiga
Air di Gunung
Cara Menulis Artikel Gunung
Toilet Alam
Jadwal Kereta Ekonomi
Daftar Toko Outdoor
Dr. Theophil Wurt
Monumen Pers Nasional Solo
Punokawan : Lelucon Gaya Pendaki
Tips mengadakan acara Pendakian Masal
Kebakaran Gunung

Kategori Artikel :

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU