MERBABU.COM Pendakian Gunung Merapi Merbabu Jawa Tengah
Website in English Website in Nederlands Website Bahasa Indonesia Nature Lovers and Climbers List Photo gallery the Albums of Nature blog merbabu Mailling List Yahoo groups Merbabu Community groups in Facebook Guestbook of Nature Lovers
MENU KIRI
 

Air terjun Sedudo terletak di kawasan Gunung Wilis, sekitar 30 Km dari kota Nganjuk ke arah barat daya. Untuk mencapai kawasan ini tidak ada angkutan umum yang langsung menuju obyek wisata, sehingga harus menyewa mobil.

Dari pelataran parkir pengunjung sudah dapat menikmati pesona air terjun sedudo, dengan berjalan menuruni tangga sekitar 5 menit pengun jung sudah akan sampai di pelataran air terjun Sedudo. Bagi pengunjung yang tidak tahan hawa dingin tetapi ingin berendam sebaiknya datang ketempat ini pada saat tengah hari. Hawa gunung yang dingin sangat terasa pada saat pagi hari dan sore hari.

Kawasan Air Terjun Sedudo dahulunya adalah tempat Ki Ageng ngaliman bertapa. Adapun beliau dahulunya adalah tokoh penyebar agama Islam di Nganjuk. Sebagai penghormatan kepada Ki Ageng Ngaliman atas jasa-jasanya, masyarakat menyelenggarakan upacara ritual Pengambilan Air Sedudo pada setiap 1 Suro.

Air Terjun Sedudo sudah terkenal sejak zaman Majapahit. Air Sedudo diyakini sebagai Tirta Suci yang mengalir dari Kahyangan sehingga pada zaman Majapahit, Raja, Bangsawan dan Pendeta sering mempergunakan Air Sedudo untuk mencuci senjata pusaka milik Raja dan Patih dalam Prana Prastita.

Untuk mencapai kawasan ini tidak ada angkutan umum yang langsung menuju obyek wisata, sehingga harus menyewa mobil.

Pada malam tahun baru 1 Suro, Air Terjun Sedudo ramai dikunjungi masyarakat untuk mengikuti ritual Pengambilan Air Sedudo.

Masyarakat percaya bahwa air yang mengalir berasal dari tempat keramat yakni tempat para Dewa bersemayam. Sehingga mandi di Air Terjun Sedudo konon berkasiat membuat awet muda, gampang mendapatkan rejeki, meningkatkan kewibawaan sehingga mudah naik pangkat atau jabatan.

Banner Kanan
 
 
 
 
 

 
Banner Bawah

HOME  -  ARTIKEL  JAWA BARAT  -  JAWA TENGAH  -  JAWA TIMUR  -  LUAR JAWA -  DAFTAR PUSTAKA  EMAIL MERBABUCOM  -  BUKU TAMU