AIR TERJUN KAKEK BODO

Apabila kita hendak mendaki gunung Arjuna atau gunung Welirang melalui Jalur Tretes, maka kita akan melewati air terjun Kakek Bodo. Pemandangan di sekitar air terjun sangat indah, juga terdapat Taman untuk bersantai maupun bumi perkemahan yang ramai dikunjungi para remaja. Hawa yang sejuk berkisar antara 12°-18°C dengan jalan yang berliku dan menurun agak terjal memberikan pengalaman tersendiri bagi muda-mudi maupun orang tua.

Air terjun Kakek Bodo berada pada ketinggian 850 mdpl, di kawasan wisata Tretes. Dapat ditempuh dari Surabaya dengan jarak sekitar 51 km kearah Malang. Atau dari Malang dengan jarak tempuh 70km. Dari Surabaya kita naik bus jurusan Malang atau sebaliknya, turun di Pandaan dan ganti kendaraan ke jurusan Tretes. Kendaraan yang menuju kawasan wisata Tretes ini berupa Izusu L300 yang berhenti di pertigaan Pasar Buah Tretes. Dengan tarif Rp.5.000,- per orang. Turun di depan hotel Tanjung.

Di perjalanan menuju Tretes terdapat sebuah Candi Jawi peninggalan jaman Hindu. Banyak terdapat hotel dan vila-vila di kawasan Tretes. Terdapat tempat pembiakan rusa di pintu masuk kawasan air terjun Kakek Bodo. Di malam hari para pendaki yang beristirahat di pos pendakian gn.arjuna welirang dapat bersantai sambil menikmati jagung bakar.

Sumber air terjun ini berasal dari Sungai Kaligetik. Tepat dibawah curahan air terjun terdapat sebuah kolam alami dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Ketika wisatawan berkunjung ke tempat ini, kolam yang berada tepat dibawah deburan air terjun ini menjadi tempat yang tak terlewatkan, baik sebagai tempat untuk mandi maupun berfoto.

Fasilitas fasilitas yang tersedia di wisata Air Terjun Kakek Bodo ini juga cukup memadai, antara lain;

  • Musholla
  • Kolam Renang
  • Taman bermain anak
  • Kios
  • Shelter
  • Toilet

Dengan adanya fasilitas pendukung tersebut, wisatawan dapat lebih leluasa dalam menikmati liburan nya.

Sebelum menuju lokasi Air Terjun Kakek Bodo, wisatawan harus memarkirkan kendaraan nya tepat di pintu gerbang menuju lokasi, karena akses jalan tidak memungkinkan. Setelah memarkirkan kendaraan nya, wisatawan dapat melanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km menuju lokasi air terjun. Perjalanan tersebut kurang lebih memakan waktu 1 jam. Meskipun harus berjalan kaki sejauh 1 km, wisatawan tidak perlu khawatir karena akses jalan cukup bagus. Dan ditengah perjalanan, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan yang yang mempesona. 

Air Terjun Kakek Bodo terletak kurang lebih 60 km dari pusat Kota Surabaya, dan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan apabila berangkat dari Bandara Juanda. Namun apabila berangkat dari Pusat Kota Pasuruan, tentu perjalanan yang di tempuh akan lebih dekat. Untuk lokasi tepatnya, Air Terjun Kakek Bodo ini berada di Jln. Taman Wisata, No 541, Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Akses menuju Air Terjun Kakek Bodo :

1. Bus Jurusan  Surabaya - Malanag turun di pasar buah Pandaan.
2. Mobil angkot Izusu L300 jurusan Tretes turun di depan hotel tanjung (Pos Pendakian Gn.Welirang)
3. Jalan kaki atau naik ojek sekitar 500 meter.

TENTANG MERBABU.COM

Merbabu Community atau Komunitas Pecinta Alam Merbabu, berdiri sejak tahun 1984.

Website Merbabu.com hadir sejak tahun 2001, dirintis sejak tahun 1997 dengan domain hosting gratisan.

UNDERCONSTRUCTION

KERATON

CANDI

AIR TERJUN

 

.

.

Copyrights © 2001 - 2017 Merbabu.Com Powered by Propacom